4 Komponen Layanan BK, yang Perlu Anda Tahu
Sumber Foto: didikpos.com |
Setiap tahun atau setiap semester sudah semestinya Guru Bimbingan dan Konseling (BK) menyusun action plan yang tujuannya untuk mendetailkan strategi dan metode apa yang akan digunakan dalam mencapai tujuan pelayanan BK itu sendiri. Yuk, kita intip apa saja empat komponen layanan BK dalam Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014
1. Layanan Dasar (Kurikulum Bimbingan)
Layanan pemberian bantuan terhadap siswa yang berkaitan dngan pengembangan keterampilan, pengetahuan, sikap, dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir.
2. Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual
Layanan pemberian bantuan terhadap semua siswa dalam membuat rencana pribadi, sosial, belajar, dan karir. Layanan ini tujuannya membantu siswa belajar untuk memantau dan memahami perkembangannya sendiri dan berani mengambil tindakan secara proaktif.
3. Layanan Responsif
Layanan pemberian bantuan terhadap siswa yang memiliki masalah berkaitan dengan belajar, pribadi, sosial, dan karir, yang memerlukan bantuan segera.
4. Dukungan Sistem
Layanan pemberian bantuan secara tidak langsung, bentuknya kegiatan manajemen yang terdiri dari administrasi dan kegiatan tambahan pengembangan profesi.Pemetaan
Layanan, cara pemberian layanan, dan strateginya
Layanan |
Cara Pemberian |
Strategi |
Dasar |
Langsung |
Bimbingan Klasikal (Bimbingan Kelas/Classroom Guidance) |
Bimbingan Kelas Besar |
||
Bimbingan Kelompok |
||
Melalui media |
Pengembangan media bimbingan dan Konseling |
|
Papan Bimbingan |
||
Kotak Masalah |
||
Leaflet |
||
Peminatan dan Perencanaan Individual |
Langsung |
Bimbingan Klasikal |
Bimbingan Kelas Besar/Lintas Kelas |
||
Bimbingan Kelompok |
||
Konseling Individual |
||
Konseling Kelompok |
||
Konsultasi |
||
Kolaborasi |
||
Responsif |
Langsung |
Konseling Individual |
Konseling Kelompok |
||
Konsultasi |
||
Konferensi Kasus |
||
Advokasi |
||
Kunjungan Rumah |
||
Melalui Media |
Konseling secara Elektronik |
|
Kotak Masalah (Kotak
Kebutuhan Peserta Didik) |
||
Dukungan Sistem |
Administrasi |
Pelaksanaan Tindak
Lanjut Asesmen |
Penyusunan dan Pelaporan Program Bimbingan dan Konseling |
||
Evaluasi Bimbingan dan Konseling |
||
Pelaksanaan Administrasi dan Mekanisme Bimbingan dan Konseling |
||
Kegiatan Tambahan dan
Pengembangan Profesi |
Kegiatan Tambahan Konselor |
|
Pengembangan Keprofesian Konselor |
Sumber: Ditjen GTIK Kemendikbud (2016)
Semoga postingan ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar ya.
(Suci Widyasari Tanjung - Mahasiswa PPGDalJab 2021 Universitas Sebelas Maret)
Referensi bacaan:
1. Modul pendalaman Materi PPGDaljab 2021
2. Modul Panduan Operasioanl Penyelengaraan Bimbingan dan Konseling SMA
Komentar
Posting Komentar